twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Selasa, 07 Juli 2015

Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan penyakit yang umum diderita oleh hampir semua orang. Sama seperti sakit gigi, demam, bisul, batuk, sariawan, flu dan jerawat. Makanya banyak yang bilang bahwa penyakit-­penyakit tersebut sebagai penyakit rakyat. Namun, sakit kepala juga merupakan efek dari penyakit tertentu. Jadi jangan pernah menganggap remeh sakit kepala. Nah, kabar baiknya sakit kepala ini bisa diobati menggunakan bahan­bahan alami. Jadi Anda tidak perlu repot membeli obat ke apotek. Karena di sini saya akan memberitahu Anda bagaimana cara mengobati sakit kepala menggunakan ramuan tradisional.


A. Penyebab sakit Kepala
Beberapa faktor pemicu sakit kepala tidak hanya dikarenakan oleh naiknya tekanan darah (hipertensi), stres ataupun gangguan pada saraf motorik otak. Banyak hal sepele yang tidak diduga ternyata juga menjadi penyebab sakit kepala. Berikut ini misalnya :

1.       Cuaca yang terik menerpa diri Anda selama beberapa jam.
2.       Aroma parfum yang menyengat, bisa juga bau cat ataupun beberapa jenis bunga.
3.       Latihan fisik yang berlebihan.
4.       Aktivitas seks diluar batas dan terus ketagihan.
5.       Mengikat rambut dengan tali rambut yang begitu kencang sehingga penghubung jaringan pada kulit kepala jadi tegang.
6.       Salah bergerak, misalnya: Menjepit telepon dengan bahu dan pundak, duduk di atas kursi tanpa penyangga punggung dalam waktu yang lama.
7.       Zat tiramin yang terdapat pada minuman beralkohol dan jenis keju.
8.       Telat makan.
9.       Hubungan percintaan.
10.    Masalah ekonomi.
11.    Nikotin dari asap rokok yang terhidup hidung, sangat mengancam kesehatan karena mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah pada otak.
12.    Minum kopi berlebihan.
13.    Kekurangan vitamin B2, D dan magnesium.
14.    Kerja kelewat batas.
15.    Kurang tidur.
16.    Radiasi HP.
17.    Tumor.
18.    Infeksi pada hidung, kerongkongan dan telinga.
19.    Luka di kepala.
20.    Penyakit mata dan mata lelah.

B. Macam-macam Sakit Kepala
Ada beberapa jenis sakit kepala diantaranya, sakit kepala cluster, sakit kepala migrain, sakit kepala berkepanjangan, sakit kepala vertigo dsb. Langkah pengobatan untuk setiap jenis sakt kepala sebagaian ada yang berbeda. Jadi sebelum memilih obat mana yang akan anda makan, sebaiknya anda pastikan terlebih dahulu jenis sakit kepala mana yang saat ini anda rasakan. Untuk gejala setiap jenis sakit kepala akan saya share dalam artikel selanjutnya.


C. Cara Ampuh Mengatasi Sakit Kepala 
Bagi anda yang saat ini sedang terserang sakit kepala, mungkin anda dapat melakukan tips untuk mengurangi dan menyebuhkan sakit kepala berikut ini :

1. Cara Mengobati Sakit Kepala dengan Meminum Air Putih
Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa salah satu penyebab sakit kepala adalah karena dehidrasi / kekurangan cairan pada tubuh. Dan kita pun tentu sudah mengetahui bahwa air merupakan komponen asupan yang sangat diperlukan oleh tubuh. Maka dari itu, jika anda terserang sakit kepala, segeralah minum air putih. Kemudian biasakan minum air putih 8 - 10 gelas per harinya agar anda terhindar dari sakit kepala.

2. Mengatasi Sakit Kepala dengan Memakan Kentang
Selain disebabkan oleh kekurangan cairan / dehidrasi, sakit kepala juga dapat disebabkan oleh hilangnya elektrolit seperti kalium. Nah, untuk mengatasinya tentu kita harus banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalium yaitu salah satunya kentang. Sebaiknya kentang yang akan dimakan, dimasak dengan cara dibakar dengan kulitnya, atau direbus (bukan digoreng).

3. Mengatasi Sakit Kepala dengan Pisang
Buah pisang mempunyai banyak manfaat, Selain kaya akan potasium ternyata pisang juga kaya akan magnesium yang dapat membantu meredakan migrain. Nah, jika sakit kepala menyerang, anda bisa memakan buah pisang untu mengurangi rasa sakit pada kepala.

4. Mengatasi Sakit Kepala dengan Es Batu
Tahukan anda, ternyata es batu juga dapat kita gunakan untuk mengurangi rasa sakit pada kepala. Caranya mudah, kita hanya perlu mengosok-gosokan / mengkompreskan es batu secara perlahan pada daerah kepala anda yang terasa sakit. Es batu akan menyebabkan mati rasa pada daerah kepala yang terasa sakit, sehingga akan mengurangi rasa sakit kepala.

5. Mengatasi Sakit Kepala dengan Makanan/ Minuman yang Mengandung Mint
Nah, kalau cara ini lebih cocok jika sakit kepala yang anda derita disebabkan oleh maag karena melewatkan makan sehingga perutmenjadi mual dan sakit kepala. Cara terbaik untuk mengobatinya yaitu dengan mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung mint seperti teh pappermint dsb.

6. Mengatasi Sakit Kepala dengan Kopi
Masih ingatkah anda dengan kalimat "sesuatu yang berlebihan itu tiak baik?" nah, begitupun dengan kopi, jika kita mengkonsumsi kopi dalam jumlah wajar ( tidak lebih dari 2-3 cangkir / hari), ternyata kopi juga bisa jadi solusi saat anda mengalami sakit kepala. Karena kandungan kafein dalam kopi 40% lebih efektif dalam mengobati sakit kepala. Tapi ingat, jangan terlalu banyak minum kopi karena bisa memicu sakit kepala lagi, jadi minumlah kopi tidak lebih dari 2-3 cangkir / harinya.

7. Mengatasi Sakit Kepala dengan Biji Wijen
Kandungan vitamin E dalam biji wijen dapat membantu menstabilkan estrogen dalam tubuh, sehingga dapat mencegah migrain. Selain itu biji wijen juga kaya akan magneisum yang juga dapat mencegah sakit kepala. Selain biji wijen, makanan seperti kacang-kacangan, minyak zaitun, dandelion, gandum, dan kentang manis, juga banyak mengandung magnesium.

8. Mengatasi Sakit Kepala dengan Mengkonsumsi Ikan
Mengkonsumsi ikan juga dapat membantu meredakan sakit kepala terutama untuk ikan yang beemak seperti ikan salmon, makarel atau tuna yang kaya akan omega -3 dan lemak esensial yang dapat mencegah peradangan yang dapat menimbulkan migrain.

9. Mengobati Sakit Kepala dengan Semangka
Semangka merupakan jenis buah-buahan yang kaya akan air, jadi dapat anda gunakan untuk mengatasi sakit kepala yang diakibatkan oleh dehidrasi.

10. Minyak Kayu Putih
Udara yang segar dan fresh dapat membuat pernapasan yang kekurangan oksigen lebih rileks. Tubuh akan semakin tenang dan tidak tegang. Sudah banyak orang yang membuktikan dengan menggunakan minyak kayu putih ini dapat membantu menghilangkan pusing atau sakit kepala. Caranya pun cukup mudah, cukup oleskan minyak kayu putih pada bagian leher bagian belakang dan samping. Kemasan yang dapat dibawa kemana-mana pun juga nilai lebih yang dapat berjaga-jaga sewaktu sakit kepala timbul kembali

11. Mengatasi Sakit Kepala dengan Streching
Streching merupakan gerakan pergangan (senam). Sakit kepala juga dapat disebabkan oleh otot-otot yang tegang, jadi jika anda sakit kepala, cobalah untuk melakukan gerakan-gerkan senam, atau bisa juga dengan melakukan yoga.

12. Mengatasi Sakit Kepala dengan Tidur Secara Teratur
Tahuka anda terlalu banyak tidur itu salah, namuan kurang tidur juga salah, karena tidur itu harus normal. Manusia tidak bisa bekerja selama 24 jam, karena manusia buan robot. Usahakan anda mendapatkan waktu tidur yang cukup misal 7-8 jam agar anda terhindari dari yang namanya sakit kepala.

13. Hindari Stress
Tak jarang sakit kepala juga disebabkan oleh otot-otot atau urat syaraf yang tegang, dalam salah satu penyebabnya karena terlalu banyak fikiran yang akhirnya menyebabkan stres dan sakit kepala. Jadi saran saya, jangan terlalu sibuk dengan pekerjaan. Luangkan waktu anda untuk melakukan refreshing.

14. Mengatasi Sakit Kepala dengan Biji Alpukat
Jika penyebab sakit kepala anda disebabkan oleh demam, anda bisa membuat pengompres alami dari biji alpukat. Caranya sediakan 2 biji buah alpukat kemudian parut. Setelah itu campur dengan sedikit air, kemudian tempel di dahi selama kurang lebih 1-2 jam atau setiap anda tidur dimalam hari


15. Bunga Matahari
Saya yakin tidak banyak yang tahu bahwa bunga matahari yang sering dijadikan tanaman hias, ternyata berguna juga untuk pengobatan. Salah satunya mengobati sakit kepala. Caranya, sediakan 25­30 gram bunga matahari dan 1 butir telur ayam (Tidak dipecahkan). Rebus kedua bahan tersebut dalam 3 gelas air hingga tersisa 1/2 gelas. Air rebusan tersebut diminum 2 kali sehari sehabis makan.

16. Temulawak
Kalau rempah yang satu ini memang sejak dulu dikenal khasiatnya untuk kesehatan dan pengobatan tradisional. Caranya, ambil beberapa rimpang temulawak diiris tipis­tipis, dikeringkan dan ditumbuk halus menjadi tepung. Ambil 2 genggam tepung temulawak tersebut, kemudian direbus dengan 5 gelas air hingga tinggal tersisa 3 gelas. Airnya disaring dan diminum 3 kali sehari. Ramuan tersebut efekti untuk mengatasi sakit kepala dan masuk angin.

17. Teh
Jika anda mengalami sakit kepala, seduh air teh kental sebanyak 3/4 cangkir dan beri satu sendok teh air jeruk nipis serta 1 sendok mkan madu. Aduk hingga rata lalu diminum sekaligus. Ramuan tersebut berkhasiat menghilangkan sakit kepala dan membuat badan tetap bugar.

18. Teh Daun Alpukat
Teh daun alpukat sangat baik untuk menghilangkan rasa sakit kepala, nyeri lambung, bengkak pada saluran napas, rasa nyeri syaraf (Neuralgia) dan datang haid tidak teratur.

19. Bangle
Rimpang bangle segar secukupnya dicuci bersih lalu diparut. Tambahkan sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur. Tempelkan ramuan tersebut di dahi. Cara ini efektif untuk meringankan sakit kepala karena demam.

20. Daun Kencur
Kencur merupakan rempah yang biasa digunakan untuk bumbu dapur. Namun seperti rempah lainnya misalkan jahe dan bangle, kencur juga digunakan untuk pengobatan tradisional. Caranya, ambil 3 lembar daun kencur kemudian ditumbuk hingga halus. Setelah halus ditempelkan pada dahi.

21. Bunga Melati
Sediakan satu genggam daun melati dan 10 kuntum bunga melati lalu diremasremas dalam rantang atau mangkok berisi air. Diamkan beberapa saat. Kemudian air rendaman daun dan bunga melati ini digunakan sebagai kompress di dahi.

22. Daun Singkong
Siapa sangka, daun singkong yang biasa disayur ini bisa juga digunakan sebagai obat sakit kepala. Caranya ambil 3 lembar daun singkong (ubi kayu), kemudian ditumbuk halus dan digunakan untuk mengompres dahi.

23. Bawang Putih
Ambil 3 siung bawang putih, ditumbuk hingga halus dan ditempelkan di dahi. Diamkan beberapa jam kemudian diganti dengan yang baru.

24. Pule Pandak
Gunakan akar pule pandak sebanyak 10­15 gram direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum 2 kali sehari tiap pagi dan sore, masing­masing 1/2 gelas. Ramuan ini bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala, susah tidur, pusing, demam, radang kandung empedu, memar, digigit ular berbisa, kurang nafsu makan, dan sakit perut.

25. Daun jeruk nipis
Daun jeruk nipis yang ditumbuk hingga halus. Tumbukan tadi kemudian dimasukkan pada wadah dan diaduk dengan air. Kemudian, oleskan di beberapa bagian seperti kening atau bahu untuk menghilangkan rasa nyeri dan pusing pada tubuh. Cara terbaik adalah dengan menggosokan pada bagian pelipis dan juga tengkuk dan bahu.

26. Daun Kangkung
Daun kangkung dan memasaknya atau memakan sebagai lalapan.

27. Rebusan Air Kacang Hijau
Rebusan air kacang hijau juga amat dipercaya untuk mengatasi masalah sakit kepala. Selain rasanya yang lezat, air kacang hijau bisa memberikan efek positif pada kesehatan tubuh dan faktanya akan memberikan kesembuhan pada sakit kepala yang diderita mereka yang sering bermasalah dengan hal tersebut.

28. Daun Kayu Putih

Carilah 10 - 15 gram daun kayu putih dan 450 ml air matang. Cara buat obat sakit kepala yaitu Rebus daun kayu putih dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, lalu Minum ramuan selagi hangat sampai habis.

 

29. Kulit Anyang-anyang

Kalau yang ini bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala sebelah (migren atau migrain). Bahan terbuat dari 250 gram kulit anyang-anyang dicampur 2 gelas buah anggur.
Cara buat obat sakit kepala sebelah yaitu Rebus semua bahan dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, kemudian Tunggu air rebusan dingin, minum ramuan sampai habis

 

30. Bunga Kenanga

Bahanbahan yang diperlukan yaitu 15 gram bunga kenanga segar dan rimpang jahe dan 400 cc air.
Cara menggunakannya Cuci bersih dan iris jahe, rebus kedalam panci bersama bunga kenanga. Tunggu hingga air tersisa 200 cc. Kemudian Minum air jahe dan bunga kenanga selagi hangat, lebih terasa khasiatnya.

 

31. Daun Alpukat

Persiapan bahan Daun alpukat secukupnya Seduh daun alpukat dalam 1 gelas air panas, aduk-aduk lalu Tunggu dingin, barulah diminum sampai habis. Pengobatan minimal 2 kali dalam sehari.

 

32. Daun Encok

Sediakan 1 lembar daun encok segar. Lalu Olesi daun encok dengan minyak goreng, kemudian buat jadi layu. Setelahnya, letakkan di belakang daun telinga Anda atau pada pelipis. Kemudian Istirahat beberapa saat

33. Hindari Dehidrasi
Tubuh yang kekurangan cairan akan sulit konsentrasi, sehingga berisiko lebih tinggi terserang migren. Oleh sebab itu butuhi asupan cairan harian Anda, setidaknya 5 liter sehari

34. Makan Kari
neh tapi ajaib, mungkin cocok dikatakan untuk saran yang satu ini. Sebuah hasil penelitian yang dilaksanakan oleh Rowett Research Institute, Skotlandia memaparkan bahwa rempah-rempah pada kari bisa menjadi penghilang rasa nyeri alami. Anda bisa makan kari ayam hangat agar perut kenyang dan sakit kepala hilang.


0 komentar:

Posting Komentar